Fun Night, Milenial Diajak Peduli Terhadap Lingkungan

Jakarta, 29 Oktober 2020 – Climate Diplomacy Week 2020 Uni Eropa tak hanya menyelenggarakan webinar dan talkshow tentang dampak perubahan iklim dan solusi apa yang mesti dikerjakan. Pekan Diplomasi Iklim ini juga menyelenggarakan Fun Night yang terdiri dari kuis dan permainan, pemutaran film, dan diskusi remaja tentang perlindungan lingkungan.

Acara yang dimotori oleh ASEAN Youth Organization (AYO) dan diselenggarakan pada Kamis (29/10) tersebut diikuti oleh ratusan remaja yang peduli dengan pelestarian alam. Pada acara ini para millennial dan Gen Z sangat antusias tentang isu-isu perubahan iklim dan bagaimana pencegahannya.

Film dokumenter berjudul Green Solution ini mengangkat tema pertanian di perkotaan sebagai solusi pertanian go green yang ramah lingkungan, yakni pertanian hydroponik yang bisa dipraktekkan masyarakat perkotaan.  

Film dokumenter yang digarap oleh Greenwelfare ini juga membahas isu-isu terkait keberlanjutan dan konsumsi pangan yang berlebihan sekaligus memberdayakan kaum muda untuk lebih sadar akan pentingnya kepedulian terhadap lingkungan.

Senjaya Mulia, Pendiri ASEAN Youth Organization (AYO) mengatakan pemuda harus berperan aktif untuk menyebarkan kebaikan, “Saya berharap generasi muda bisa terinspirasi dan melakukan aksi-aksi yang bisa berpengaruh terhadap upaya pelestarian lingkungan,” ujarnya pada Fun Night: Movie Screening, Rabu (29/10) dalam rangkaian Pekan Diplomasi Iklim Uni Eropa.

Fiza Khan dari Greenwelfare Indonesia mengatakan budidaya hydroponik merupakan salah satu solusi pemenuhan pangan yang berkelanjutan dan mudah dipraktikkan, tak memerlukan lahan yang luas pertanian model ini bisa memanfaatkan lahan yang terbatas. 

Pada kegiatan Fun Night AYO juga mengajak para peserta untuk memposting kegiatan dan pendapat mereka tentang film tersebut di media sosial mereka dengan menggunakan tagar #CDW2020 #IMPACTLives dan juga memberi tag pada akun @ayoasean dan @uni_eropa.

Peserta yang memperbaharui social feed dengan foto dan caption menarik akan mendapatkan hadiah dari pihak penyelenggara yaitu oleh Sedotan Bambu.

Pekan Diplomasi Iklim 2020 berlangsung mulai 24 Oktober hingga 6 November mendatang. Tahun ini, Uni Eropa berkolaborasi dengan pemerintah Indonesia, 8 kedutaan besar negara-negara anggota Uni Eropa dan lebih dari 100 organisasi not-profit, kelompok pemuda, perwakilan komunitas, sector swasta, selebriti dan opinion leader serta penggiat lingkungan.

Artikel ini disusun oleh The Society of Indonesian Environmental Journalists (SIEJ).

Social Share